Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil Gratis situs Berisi Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil CARA CEPAT HAMIL cara mudah cepat hamil TEORI CEPAT HAMIL agar cepat hamil setelah keguguran PANDUAN CEPAT HAMIL

Kamis, 30 Juni 2016

SISTEM REPRODUKSI PRIA


Jika kita sebelumnya telah belajar tentang sistem reproduksi wanita, Sekarang kita akan mengenal anatomi alat reproduksi pria . Anatomi yang dijelaskan di sini hanya organ-organ yang berperan penting dalam proses pembuahan.
Memang sebagian besar proses reproduksi mulai dari pembuahan, hingga persalinan terjadi didalam system reproduksi wanita, namun system reproduksi pria beserta bagian-bagiannya juga memagang peranan penting dalam keberhasilan proses pembuahan. Jika system reproduksi pria tidak mendukung, maka kehamilan normal tidak akan mungkin didapatkan. dan bagaimana bisa cepat hamil.
Seperti halnya system reproduksi wanita, system reproduksi pria juga memiliki keunikan tersendiri, meski tidak sekompleks milik wanita.
Organ reproduksi pria pada intinya berfungsi menghasilkan spermatozoa (sperma) atau gamet jantan. Berdasarkan posisinya, organ reproduksi pria dibedakan menjadi dua yaitu alat kemalin luar dan alat kelamin dalam.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah gambar system reproduksi pria beserta bagian-bagiannya:


1.      Penis
Istilah penis berasal dari bahasa latin (phallus) yang berarti ekor. Penis adalah organ yang berfungsi sebagai alat reproduksi dan berkemih. Penis berkembang saat akil balik (usia 10-15 tahun). Penis memiliki saluran yang disebut uretra.
Dalam proses reproduksi saluran ini berfungsi mengalirkan air mani serta sel-sel sperma ke dalam vagina. Pada pangkal penis terdapat kantung buah zakar yang berisi buah zakar.
Kantung ini berfungsi untuk mendapatkan lingkungan dengan suhu yang lebih rendah dibanding suhu dalam tubuh sehingga pertumbuhan sperma berjalan dengan baik. Perlu anda ingat bahwa sperma sangat rentan terhadap suhu tinggi.
Penis juga memiliki tiga rongga yang dibentuk oleh jaringan spons. Satu rongga di bagian atas dan dua rongga di bagian bawah penis. Rongga bagian atas disebut dengan corpus cavernosa dan rongga di bawah disebut corpus spongiosum. Rongga-rongga ini berfungsi dalam proses ereksi.

2.      Gland Penis
Glans penis adalah bagian kepala dari penis. Didalam glans ini terdapat banyak sekali pembuluh darah dan persyarafan. Glans penis ditutupi oleh kulit yang bernama preputium. Kulit inilah yang dibuang dalam proses sut (khitan).
Glans penis adalah pusat banyaknya ujung saraf, fungsinya mirip dengan klitoris wanita dalam menghasilkan sensasi rangsangan seksual. Kulup penis atau frenulum juga terletak dibawah kepala penis dan glans penis.


3.      Kantung buah zakar
Kantung buah zakar (skrotum) adalah kantung yang berisi buah zakar, terletak menggantung di luar tubuh, berfungsi untuk mendapatkan lingkungan dengan suhu yang lebih rendah dibanding suhu dalam tubuh, karena temperature tinggi dapat merusak produksi sperma dan mematikan sperma yang sudah di simpan.
Suhu terbaik untuk kegiatan produksi sperma adalah 3-4 drajat celcius dibawah suhu tubuh. Namun temperatur yang rendah juga dapat merusak produksi sperma walaupun tidak mematikan sperma yang disimpan.

4.      Buah zakar
Laki-laki memiliki sepasang buah zakar atau testis yang berfungsi memproduksi sel sperma dan hormone androgen. Pada masa akil balik, testis berkembang pesat untuk memproduksi sperma. Testis dapat memproduksi jutaan sel sperma setiap harinya.

5.      Saluran uretra
Uretra adalah saluran di dalam penis untuk jalan keluarnya air seni dan sperma. Air seni (urine) dan sperma memang akan melewati saluran yang sama, tapi tidak akan keluar berbarengan karena pada saat penis ereksi , katup saluran untuk urine akan menutup secara otomatis.
Saluran uretra menghubungkan kantung kemih keluar tubuh. Saluran ini berfungsi sebagai jalan keluar pembuangan baik pada system seksual (ejakulasi), kemih atau ereksi. Pada pria saluran uretra berperan penting dalam system reproduksi, yaitu untuk pengeluaran air mani.
Sistem reproduksi pria beserta bagian-bagiannya harus selalu dijaga kesehatannya, demi kelangsungan hidup pria itu sendiri dan juga kesehatan reproduksi.
Pentingnya menjaga gaya hidup dan pola makan pada akhirnya akan melindungi organ reproduksi dari penyakit, virus ataupun bakteri yang dapat mengancam terjadinya kemandulan atau masalah kesuburan.

6.      Sperma
Sel sperma dibentuk di testis sejak akil balik hingga akhir hayat seorang pria. Dalam setiap ejakulasi normalnya akan dikeluarkan air mani sebanyak 2-5 ml dimana setiap mililiternya berisi 50-130 juta sel sperma.

a.       Volumenya 2-5 ml
b.      Jumlah sel spermanya lebih dari 20 juta/ml
c.       Persentase sel sperma yang bergerak lebih dari 40% dari total jumlah keseluruhan sel sperma.
d.      Bentuk sel sperma yang normal lebih dari 60% dari total jumlah keseluruhan sel sperma.
Kecuali untuk criteria volume sperma, criteria lain yang ada di atas hanya bisa dinilai dari hasil pemeriksaan lanjutan di laboratorium dengan menggunakan mikroskop.

Dalam keadaan normal, sperma diproduksi secara terus menerus dengan kapasitas produksi sekitar 200 juta perhari, walaupun ada sedikit perubahan kapasitas produksi menurut variasi musim/cuaca. Kadar sperma di musim atau daerah panas umumnya lebih rendah.

0 komentar:

Posting Komentar

GRATIS

cara cepat hamil

Popular Posts

Total Tayangan Halaman