Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil Gratis situs Berisi Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil CARA CEPAT HAMIL cara mudah cepat hamil TEORI CEPAT HAMIL agar cepat hamil setelah keguguran PANDUAN CEPAT HAMIL

Sabtu, 02 Juli 2016

KESUBURAN WANITA pdf

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUBURAN WANITA

Ada banyak factor yang mempengaruhi kesuburan seorang wanita. jika di telusuri dengan om google kata kesuburan wanita pdf sangat sering dicari. Artinya adalah bahwa topik kesuburan wanita ini sangat sering dicari. Untuk mempermudah para pembaca kami tidak meberikan dalam bentuk pdf, tapi langsung diberikan secara lengkap di blog ini, untuk mempermudah pembaca secara langsung membaca artikel kesuburan wanita ini.


Secara garis besar faktor-faktor ini berupa sumbatan pada rahim dan saluran telur, atau gangguan hormone yang menyebabkan sel telur gagal matang (kegagalan ovulasi).



1.      1. Sumbatan yang terjadi pada saluran telur atau rahim


Logikanya, kalo saluran menuju sel telur tersumbat, sperma tidak akan bisa lewat. Masalah sumbatan ini cukup sering menjadi penyebab seorang istri tidak subur.

Penyebab terjadinya sumbatan pada saluran telur atau rahim ini ada bermacam-macam:

·                            a. INFEKSI

Seperti diketahui sebelumnya bahwa masalah kesuburan pada wanita bisa disebabkan oleh beragam factor, salah satunya adalah penyakit infeksi atau peradangan organ panggul.

Organ panggul yang mungkin saja mengalami infeksi adalah rahim, ovarium atau indung telur, dan saluran telur atau tuba palofi. Infeksi ini adalah ancaman besar bagi infertilitas wanita. Infeksi tersebut bisa juga menimbulkan komplikasi yang serius selain ketidaksuburan, yaitu nyeri saat sanggama.

Klamidia dan tubercolosis adalah beberapa penyebab umum terjadinya masalah kesuburan pada wanita karena infeksi. Bagi anda yang telah melahirkan dan menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim atau IUD tidak perlu kwatir akan resiko infeksi reproduksi. Berdasarkan penelitian banyak kasus infeksi tersebut tidak disebabkan oleh penggunaan IUD.

Lalu apa saja gejala yang bisa ditimbulkan ketika terdapat infeksi pada organ panggul ?

Gejala yang harus anda waspadai adalah nyeri panggung, nyeri perut, bercak darah pada vagina, kram mirip menstruasi yang terus menerus, nyeri selama atau setelah sanggama, kelelahan, keluarnya cairan keputihan dari vagina dan berbau tak enak, serta gejala demam seperti flu.

Jika anda mengalami gejala-gejala infeksi diatas, segeralah berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan. Karena jika infeksi atau peradangan organ panggul berkembang menjadi infeksi kronis, jelas akan semakin sulit diobati.

Masalah kesuburan wanita akibat infeksi atau peradangan organ panggul bias di picu oleh adanya infeksi menular seksual atau IMS. IMS perlu diwaspadai karena biasanya tidak disertai gejala. Akibatnya adalah, banyak wanita yang tidak sadar bahwa ia mengalami Infeksi menular seksual / IMS dan akhirnya terlambat untuk diobati.

IMS adalah penyakit infeksi yang terjadi melalui kontak seksual. Sebagian besar IMS disebabkan oleh virus, bakteri dan protozoa. IMS pada akhirnya akan mempengaruhi kesuburan wanita melalui infeksi yang terjadi pada saluran genitas atas wanita lalu menuju kea lat reproduksi. Ini adalah kondisi yang mengancam kesuburan.

Bila infeksi menyebar ke organ reproduksi dalam wanita, maka akan terjadi inflamasi rongga panggung dan akhirnya berakhir pada kemandulan.

Infeksi yang terjadi pada bagian panggul atau pun infeksi yang termasuk infeksi menular seksual, kalau tidak diobati lama kelamaan akan menyebabkan perlengketan.

Penyakit-penyakit menular seksual seperti gonore, herpes, sifilis, dan klamida adalah jenis penmyakit menular seksual yang paling sering menyebabkan infertilitas  ataupun berhasil hamil, namun melahirkan bayi yang cacat lahir.

Bahkan infeksi yang telah lama pun (contohnya : klamida) masih bisa menyebabkan parut permanen pada pelvis.
Infeksi Penyakit Menular Seksual bisa menyebabkan perlengketan. Perlengketan inilah yang membuat saluran menuju sel telur jadi tersumbat sehingga menghambat terjadinya pembuahan.

Gejala yang timbul akibat infeksi ini paling sering yaitu keputihan. Keputihan yang disertai gatal, bau, berwarna dan kadang kadang disertai nyeri perut adalah keputihan yang tidak normal dan disebabkan oleh infeksi.

Penanganan yang paling tepat adalah dengan pap smear dulu untuk mengetahui penyebabnya dan diobati sesuai penyebabnya.

Bila keputihan dibiarkan tanpa diobati, lama kelamaan infeksi akan menyebar sampai organ panggul dan menyebabkan randang panggul yang akhirnya menyebabkan perlengketan. Keputihan yang normal adalah yang tidak disertai gatal, baud an warna dan dialami menjelang atau sesudah menstruasi.

Sumbatan saluran telur atau saluran rahim ini juga bisa diakibatkan oleh parut bekas operasi yang tidak sempurna penyembuhannya.

·                                 b. TUMOR

Tumor atau kista bisa menyerang setiap organ reproduksi wanita, dan berpeluang menyebabkan kemandulan. Jika terdapat kista pada ovariusm, maka tumbuhlah sebuah kantung yang berisi cairan pada indung telur atau ovarium yang kemudia mencegal sel telur berkembang.


Tapi tidak semua kista dan tumor dapat menghambat kesuburan. Kista yang ukurannya di bawah 5 cm dapat mengecil atau hilang sendiri dan bila letaknya hanya sebelah sedangkan indung telur lainnya normal, maka ovulasi tetap bisa terjadi.

Tumor/miom adalah benjolan di rahim yang berasal dari pertumbuhan otot rahim yang tidak normal. Miom akan menghambat pembuahan bila letaknya didalam dinding rahim.

Fenomena yang terjadi saat ini adalah meningkatnya jumlah wanita yang terkena tumor pada organ reproduksi. Gejala yang ditimbulkan oleh masalah kesuburan wanita akibat tumor pada system reproduksi antara lain rasa nyeri disekitar perut yang hilang timbul.

Gejala yang lain adalah perut yang membuncit. Penelitian menunjukkan bahwa disbanding tumor ovarium  lainnya, yang paling sering dijumpai adalah kista.
Tapi tidak semua kista dan tumor menimbulkan gejala, Bila sudah disertai nyeri, biasanya kista/tumor sudah membesar, jadi pemeriksaan USG sangat penting sebagai langkah awal dalam perencanaan kehamilan di dokter.

Apa itu kista ?

Kista adalah tumor jinak yang umumnya terbungkus selaput/jaringan. SIfatnya kental, bisa juga berbentuk anggur, berisi udara, nanah, ataupun cairan lainya.

Masalah kesuburan wanita akibat tumor biasanya tak diikuti gejala atau keluhan yang berarti. Umumnya keluhan baru terjadi setelah ukuran sudah membesar dan posisinya mengganggu organ lain yang ada disekitarnya.

Tumor yang membesar dan menekan saluran kemih, saraf, usus, pembuluh darah di daerah panggul maka akan menimbulkan keluhan berupa gangguan percernaan, susah kencing, kesemutan, kesulitan buang air besar dan pembengkakan kaki.

Hingga saat ini masalah kesuburan wanita akibat tumor masih menjadi misteri karena belum terbukti secara pasti apa saja factor penyebabnya.

Oleh karena itu cara pencegahannya juga belum terungkap dengan jelas. Akan tetapi ada sumber yang menyebutkan bahwa tumor jinak berupa kista terjadi karena gagalnya ovum atau sel telur untuk berovulasi.

Bagaimana cara mengatasi tumor pada organ reproduksi wanita?

Jalan terbaik untuk kista berukuran besar dan tak kunjung pecah adalah dengan cara operasi pengangkatan.

Tumor dapat menyebabkan ketidaksuburan pada istri tergantung dari lokasi tumor dan ukuran tumor tersebut.

Apabila tumornya kecil dan letaknya di dinding luar rahim, maka tidak akan mempengaruhi kesuburan istri. Tapi apabila ukuran tumornya besar dan lokasinya ada di dinding dalam rahim, maka tumor ini dapat menghambat proses pembuahan dan kehamilan.


2.                              2. GAGAL MATANG SEL TELUR (GAGAL OVULASI)


Salah satu tuntutan hidup seorang wanita adalah hamil dan menjadi seorang ibu. Bicara tentang kehamilan, proses terjadinya kehamilan yang normal menuntut kondisi subur wanita.

Wanita yang subur umumnya memproduksi satu sel telur rutin setiap bulannya, selama masa subur. Kapan itu ? yaitu hari ke 12 hingga ke 16 di hitung mulai hari pertama siklus haid.

Sel telur yang matang akan dilepaskan dari indung telur untuk kemudian dibuahi oleh spermatozoa, setelah terjadi hubungan intim tanpa kontrasepsi.

Bagaimana jika setelahnya ternyata kehamilan tak kunjung berhasil?

Salah satu kemungkinannya adalah adanya masalah kesuburan wanita akibat gagal matang sel telur.

Apa itu gagal matang sel telur (gagal ovulasi)? 

Gagal matang sel telur (gagal ovulasi)Yaitu sebuah kondisi yang dapat mempengaruhi kesuburan system reproduksi wanita, yang ditandai oleh sulit matangnya sel telur (ovum) sehingga tidak dilepaskan dari indung telur (ovarium) dan masuk ke tuba falopi untuk dibuahi.

Berdasarkan penelitian, ternyata anovulasi atau gagal ovulasi telah mempengaruhi setidaknya enam sampai lima belas persen wanita pada saat masa subur.

Masalah kesuburan wanita akibat gagal matang sel telur menjadikan pasangan tidak kunjung mendapatkan keturunan karena kehamilan sangat sulit dicapai. Hal ini berbeda dengan wanita yang ovulasinya tidak teratur. Asalkan masih bisa berovulasi, maka masih ada kesempatan untuk hamil.

Lalu, apakah penyebab masalah kesuburan wanita sehubungan dengan gagal matang sel telur ini ?

Pada dasarnya, penyebab utama anovulasi atau sel telur sulit matang adalah adanya gangguan hormone tubuh, terutama yang mempengaruhi system reproduksi wanita. Beberapa hormon yang berperan penting dalam siklus menstruasi dan ovulasi adalah progesterone dan estrogen.

Salah satu gangguan keseimbangan hormone yang bisa menyebabkan gagal ovulasi adalah PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome. Hal ini membuat hormon tidak seimbang sehingga pelepasan sel telur terhambat, haid tidak teratur dan tentunya infertilitas. Sebagian besar kasus anovulasi disebabkan oleh PCOS yang umumnya bersifat turun temurun.

Ketidakseimbangan hormone yang dapat mengarah pada masalah kesuburan wanita akibat gagal matang sel telur salah satunya disebebakan  oleh kegemukan atau obesitas. Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa obesitas berhubungan dengan gagal ovulasi atau anovulasi pada wanita. Selain menyebabkan gagal matal sel telur, obesitas juga akan menyebabkan disfungsi ovarium, hingga infertilitas pun tak dapat dihindarkan.

Penyebab anovulasi yang lain adalah adanya gangguan makan yang biasa dikenal dengan bulimia atau anoreksia. Gangguan makan tersebut dapat mengganggu atau menghentikan siklus menstruasi.

Bila tidak menstruasi, maka tidak ada ovulasi, dan tentunya tidak aka nada kehamilan.

Selain itu, semakin bertambahnya usia juga mempengaruhi system reproduksi wanita, terutama siklus menstruasi dan ovulasi. Makin banyak dapat mengarah pada makin berkurangnya jumlah sel telur yang disimpan dan menyebabkan menurunnya kesuburan atau gagal ovulasi.

Hormon tubuh jelas akan terganggu pada saat kita stress. Terlebih lagi, wanita sejatinya memang mudah mengalami stress ketimbang pria. Jika stress belebihan, hormone reproduksi akan terganggu dan ovulasi pun tidak teratur dan sel telur sulit dilepaskan karena tidak matang.

Sementara itu gangguan fungsi ovarium atau ovarian hypofucntion juga termasuk penyebab sel telur gagal matang. Penurunan fungsi ovarium ini umumnya dikarenakan kelainan kromosom atau factor genetic.

Dalam kasus tertentu gagal ovulasi juga bisa berarti sel telur matang namun gagal dilepaskan oleh folikel. Kasus seperti ini dinamakan dengan Luteinised Unruptured Follicle syndrome (LUFS). Bila sel telur tidak dilepaskan, maka tidak dapat dibuahi.

Pada keadaan ini, ketidakseimbangan hormone adalah factor yang paling banyak berperan. Penyebab lainya antara lain :

·                             a.   Endometriosis

Endometriosis adalah suatu keadaan dimana jaringan endometrium yang normalnya tumbuh di dinding dalam rahim, ditemukan di organ lain, misalnya indung telur, dinding perut, usus bahkan di paru-paru.

Sebanyak 20-60% penderita endometriosis akan mengalami infertilitas.
Pada infertilitas primer, kejadiannya sebesar 25%. Pada wanita infertile dengan keluhan nyeri haid, 80% ditemukan bercak endometriosis, tetapi belum tentu endometriosis merupakan penyebab utama infertilnya, karena pada beberapa wanita hamil yang dilakukan operasi Caesar kadang ditemukan endometriosis di rongga panggulnya.

·                       b. Syndrome ovarium polikistik


Beberapa penyebab infertilitas pada wanita bisa dideteksi dengan mudah, namun ada pula yang bahkan tidak terdiagnosis.

Masalah kesuburan wanita akibat sindroma ovarium polikistik atau PCOS adalah salah satu yang terkadang sulit dikenal, namun termasuk penyebab mayoritas kasus kemandulan yang terjadi pada banyak perempuan dalam usia subur.

Apa itu PCOS?

PCOS adalah singkatan dari polycystic Ovary syndrome, yang membuat hormone tidak seimbang sehingga pelepasan sel telur terhambat, haid tidah teratur dan tentunya infertilitas.

Sebagian besar kasus anovulasi disebabkan oleh PCOS yang umumnya bersifat turun temurun. Penyakit ini memang tidak setenar HIV/AIDS bahkan dikalangan medis sekalipun. Bagi anda wanita awam, mungkin baru kali ini mendengar istilah tersebut.

Berbagai studi menunjukkan bahwa sindrom ovarium polikistik ternyata adalah penyebab nomer satu kemandulan wanita di dunia yang ditandai dengan gangguan atau gagal ovulasi oleh ovarium.

Berdasarkan penelitian, sekitar 5-10% wanita dalam usia subur terkena syndrome ini.

Di Negara kita, jumlah penderitanya diperkirakan subanyak 8 juta wanita. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, hanya saja dikatakan bahwa kelainan endokrin berhubungan dengan terjadinya hiperandrogenemia, lalu menyebabkan anovulasi kronik atau gagal ovulasi.


Masalah kesuburan wanita akibat Sindroma Ovarium Polikistis (PCOS) juga berdampak pada gangguan metabolism badan, bisa berupa resistensi insulin.

Bagaimana dengan gejalanya ? (bagaimana gejala Sindrom ovarium polikistik?)

Gejala yang timbul cendrung tidak dikenali atau bahkan diabaikan oleh sebagian besar wanita, padahal angka kejadian ditemukan cukup banyak.

Variasi gejala PCOS yang mengkhwatirkan adalah anovulasi kronik dan infertilitas, yang disertai dengan gangguan haid, amenore, oligomenorea, perdarahan uterus disfungsional dan juga hirsutisme.

Lebih mengerikan lagi, sindrom tersebut tidak hanya mengancam kesehatan reproduksi, tetapi juga sustem tubuh yang lain.

Beberapa penyakit pun dapat timbul seperti penyakit jantung dan diabetes mellitus.


Sindrom Ovarium Polikistik bisa ditandai dengan adanya hiperandrogenemia, yaitu ketidakseimbangan hormon androgen. 

Penderitanya cendrung memiliki kadang androgen atau hormon kelakian yang tinggi di bandingkan wanita normal. Hal ini juga ditandai adanya gejala berupa penampakan fisik wanita yang menyerupai pria, contohnya tumbuh jenggot, rambut dada.

Kelainan hormone inilah yang menyebabkan penderita sindrom ovarium polikistik bisa dikendalikan apabila terdekteksi dini.

Didalam penanganan dan pengobatannya, masalah kesuburan wanita akibat sindrom polikistik ovarium bisa dikendalikan apabila terdeteksi dini.


Yang sangat disayangkan adalah banyak wanita yang tidak mengenal dan mengetahui gejala-gejalanya, kalaupun mereka tahu biasanya tidak terlalu memperdulikan karena gejala tersebut dianggap lumrah.

Pengobatan pada sindrom ini ditekankan pada beberapa gejala yang biasanya timbul pada penderitanya, yaitu terapi yang bersifat jangka panjang focus pada kelainan metaboliknya.

Tujuan utama terapi tersebut adalah mengurani kadar androgen dalam darah, perbaikan gaya hidup guna menurunkan kegemukan, melindungi endometrium wanita dan unopposed estrogen, menghindari hiperinsulinemia dan resiko penyakit diabetes mellitus dan kardiovaskular, serta induksi ovulasi agar bisa hamil.

Induksi ovulasi adalah cara lama yang paling sering diterapkan dalam menangani sindroma ovarium polikistik. Cara bedah juga bisa digunakan untuk memicu ovulasi dengan angka keberhasilan lebih tinggi.

Tentunya terapi harus dikerjakan dengan pengawasan dokter spesialis kandungan. Sedangkan untuk penanganan hiperandrogenisme, penyuntikan anti androgen dilakukan.

Sementara itu resistensi insulin diterapi dengan metformin yang dikenal efektif untuk mengatasi gangguan metabolic dan memperlancar siklus menstruasi dan juga ovulasi.
Terakhir adalah merubah gaya hidup untuk mengendalikan lemak tubuh dan mengatasi obesitas yang dapat mempengaruhi ovulasi.

Produksi dan metbolisme hormon dipengaruhi oleh lemak tubuh. Karena itu kadar lemak yang berlebihan atau sangat kurang akan mempengaruhi.

·        c Berat badan

Pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pasien saya adalah:

Jawabannya adalah karena factor hormonal yang tidak seimbang pada wanita dengan berat badan berlebih.

Bagi pasangan yang telah lama menikah, kenyataan tentang infertilitas atau kemandulan mungkin adalah hal yang sangat berat untuk diterima dan membutuhkan keilkhlasan juga kesabaran dalam menjalaninya, terutama bagi wanita.

Stress bukan tidak mungkin terjadi bila diketahui bahwa ternyata kemandulan disebabkan oleh masalah kesuburan pada salah satunya, entah suami atau istri.

Memang resiko infertilitas dimiliki oleh pria dan wanita, tetapi lebih besar pada wanita. Kemandulan pada wanita sebagian besar disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik. Sindrom ini juga erat kaitanya dengan masalah kesuburan wanita akibat berat badan/obesitas.

Hindari kegemukan … mungkin kalimat ini tepat bagi wanita yang mendambakan kehadiran sang buah hati namum tak kunjung tiba. Bagi mereka yang gemuk, hendaknya tidak meremehkan efek kegemukan, apalagi jika sudah mencapai obesitas. Bukankan bertubuh ideal itu cantik dan sehat??

Kegemukan adalah salah satu pemicu adanya syndrome ovarium polikistik yang menyerang banyak wanita dan rata-rata berakhir pada kemandulan.

Obesitas adalah akumulasi kelebihan lemak dalam tubuh. Kegemukan atau obesitas cenderung disadari sebagai suatu yang berakibat jelek padan penampilan seorang wanita, namun tidak banyak yang tahu bahwa hal ini juga mengganggu keseimbangan hormone tubuh dan system reproduksi.

Obesitas berkaitan dengan infertilitas atau ketidaksuburan karena menyebabkan anovulasi atau gagal ovulasi. Obesitas berakibat pada gangguan hormon yang penting untuk kehamilan, seperti estrogen, androgen dan progesterone, dan ini dapat membuat siklus menstruasi wanita berantakan atau terhambat, yang akhirnya menjadi sulit hamil.

Selain itu bila terdapat timbunan lemak didalam indung telur atau ovarium makan akan mengganggu tumbuh kembang janin dan berakhir pada keguguran.

Perubahan hormone yang disebabkan oleh masalah kesuburan wanita akibat berat badan/obesitas terjadi karena adanya timbunan lemak yang memicu pembuatan hormone.

Pada wanita normal dalam usia subur, calon estrogen dihasilkan dari ovarium. Tetapi pada wanita yang obesitas hormone estrogen tidak hanya dihasilkan oleh ovarium tetapi juga berasal dari lemak dibawah kulit. Hal inilah yang kemudian menyebabkan diproduksinya luteinizing hormone (LH) lebih cepat atau sebelum waktunya.

Terlalu cepat produksi luteinizing hormone (LH) kemudian akan menyebabkan sel telur atau ovum tidak bisa pecah, serta tidak terangsangnya progesterone.

Kondisi ini berakibat pada ketidakteraturan siklus haid, jumlah darah menstruasi yang terlalu banyak, atau masa menstruasi yang lebih lama.

Sementara itu LH yang keluar dini akan merangsang hormone progesterone serta androgen untuk keluar. Masalahnya adalah pada perempuan dengan masalah kegemukan, hormone kelakian atau androgen yang keluar dini tidak bisa diubah menjadi estradiol, karena tidak berikat. Akhirnya sel telur tidak dapat berkembang dan ovulasi tidak terjadi.

Wanita dengan obesitas cenderung memiliki kadar androgen atau hormon kelakian yang tinggi di bandingkan wanita dengan berat badan normal. Hal ini juga ditandai dengan adanya gejala berupa penampakan fisik wanita yang menyerupai pria, contohnya rumbuh jenggot , rambut dada.

Kelainan hormon inilah yang menyebabkan wanita mengalami keguguran atau tidak mampu hamil.

Lalu bagaimana menangani masalah kesuburan wanita dengan kondisi berat badan berlebih/obesitas??

Terapi yang dilakukan dalam jangka panjang dengan menitikberatkan pada perbaikan pola makan dan gaya hidup akan membantu mengendalikan obesitas dan tentunya meningkatkan kemungkinan ovulasi dan kehamilan.

Penelitian juga membuktikan bahwa penurunan berat badan akan memperbaiki kinerja hormon tubuh, hormon reproduksi dan jadwal menstruasi.

Olah raga dan mengubah pola makan bisa dilakukan dengan menghindari makanan berlemak dan yang manis-manis.

Ganti dengan makanan berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan, dan jangan berlebihan asupan karbohidrat.

"FAKTOR BERAT BADAN DAPAT MENGGANGGU KESUBURAN WANITA. BUKAN CUMA KARENA KEGEMUKAN, TAPI JUGA YANG TERLALU KURUS."

Pada kondisi ini terjadi perubahan hormonal yang pada akhirnya mengganggu fungsi indung telur atau ovarium. Nanti kita akan bahas lebih jauh tentang hubungan berat badan dan infertilitas di bagian berikutnya.

Yang juga perlu diperhatikan oleh pihak istri adalah penggunaan cairan pembersih vagina. Untuk menjaga kebersihan organ vitas banyak wanita yang menggunakan cairan pembersih vagina yang biasanya diproduksi dalam kemasan cair.

Kebiasaan mencuci vagina dengan sabun pembersih vagina yang mengandung antiseptic dapat mengubah kondisi lender rahim sehingga menjadi “tidak ramah” terhadap sperma.

Selain itu bahaya lain yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan cairan pembersih vagina adalah resiko memicu terjadinya kanker serviks atau kanker leher rahim. Ini dikarenakan cairan pembersih dengan antiseptic tersebut membunuh semua kuman dan bakteri termasuk juga bakteri yang secara alami berfungsi untuk melindungi vagina, contoh misalnya adalah bakteri doderlyne.

Bakteri doderlyne ini fungsinya adalah melindungi vagina dari masuknya kuman dan bakteri merugikan yang lain. Tapi karena antiseptic tidak bisa membedakan mana bakteri merugikan dan mana bakteri menguntungkan jadinya semua dibasmi.

Dengan terbasminya semua bakteri menguntungkan seperti bakteri doderlyne, maka kuman dan bakteri merugikan bisa masuk kapan saja dengan lebih mudah.

































menghitung masa subur pria, menghitung masa subur online, menghitung masa subur agar cepat hamil, menghitung masa subur haid tidak teratur, menghitung masa subur setelah melahirkan, menghitung masa subur dengan kalender, menghitung masa subur yang benar, menghitung masa subur setelah kuret, menghitung masa subur mens tidak teratur, menghitung masa subur wanita menurut boyke, menghitung masa subur wanita, menghitung masa subur agar tidak hamil, menghitung masa subur agar hamil, menghitung masa subur agar anak laki-laki, menghitung masa subur anak perempuan, menghitung masa subur agar mendapatkan anak perempuan, cara menghitung masa subur, cara menghitung masa subur wanita, cara menghitung masa subur setelah haid, cara menghitung masa subur wanita agar tidak hamil, cara menghitung masa subur agar cepat hamil, cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil,  cara menghitung masa subur cara kalender, cara menghitung masa subur bidanku, cara menghitung masa subur berapa hari setelah haid, cepat hamil, cepat hamil setelah keguguran, cepat hamil setelah keguguran, cepat hamil dalam islam, cepat hamil setelah menstruasi, cepat hamil setelah kuret, cepat hamil selepas haid, cepat hamil setelah haid, cepat hamil menurut islam, cepat hamil setelah menikah, cepat hamil dengan crystal x, cepat hamil anak kedua, cepat hamil alami, ingin cepat hamil alami, tips cepat hamil anak kembar, tips cepat hamil anak laki-laki, cara cepat hamil anak perempuan, cara cepat hamil alami, cara cepat hamil anak laki-laki, tips cepat hamil anak laki-laki, cara cepat hamil anak kembar, cepat hamil bagi pria, cepat hamil bagaimana caranya, cara cepat hamil bayi perempuan, tips cepat hamil berdasarkan golongan darah, cara cepat hamil blogspot, ingin cepat hamil bagaimana, bersetubuh cepat hamil, cepat bisa hamil, cara cepat hamil bagi penderita kista, cara cepat hamil bagi wanita gemuk, cepat hamil caranya, cepat hamil cara, cepat hamil cepat hamil, cepat hamil cara alami, cepat hamil cara tradisional, ingin cepat hamil caranya gimana, tip cepat hamil.com, cara cepat hamil dalam sebulan, cara cepat hamil selepas keguguran, cepat hamil dengan cara cepat, cepat hamil di usia 40, cara cepat hamil endometriosis, cara cepat hamil setelah ektopik,  wanita hamil cepat emosi, cepat hamil dengan nature e, ebook cepat hamil, kenapa ibu hamil cepat emosi, epo cepat hamil, endometriosis, cepat hamil setelah ektopic, wanita hamil cepat emosi, cara hamil dengan natur e, ebook cepat hamil, kenapa ibu hamil cepat emosi, epo cepat hamil, folavit cepat hamil, forum cepat hamil, furmon cepat hamil, cepat hamil gimana caranya, cepat hamil golongan darah , cepat hamil gimana, ingin cepat hamil gimana caranya, cepat hamil islam, cepat hamil istri, cepat lapar ibu hamil, cara cepat hamil jika memiliki kista, pengen cepat hamil jangan lakukan ini, cara cepat jadi hamil, cepat hamil untuk pasangan jarak jauh,

 kesuburan wanita setelah haid, kesuburan wanita setelah melahirkan, kesuburan wanita melalui telapak tangan, kesuburan wanita dan pria, kesuburan wanita setelah kb, kesuburan wanita diatas 40, 

0 komentar:

Posting Komentar

GRATIS

cara cepat hamil

Popular Posts

Total Tayangan Halaman